Waspadai Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun Keatas

Kemampuan bicara pada anak adalah salah satu perkembangan penting yang sangat perlu diperhatikan oleh orang tua. Meskipun kecepatan perkembangan bicara dan bahasa tiap anak berbeda-beda, namun orang tua harus waspada bila pada usia 3 tahun si anak menunjukkan keterlambatan perkembangan bahasa. Telat bicara pada anak usia tiga tahun adalah masalah yang cukup serius dan perlu segera mendapatkan penanganan.

Telat bicara adalah gangguan perkembangan bahasa pada anak, atau disebut juga Developmental Language Disorder (DLD). DLD atau gangguan perkembangan bicara dan bahasa biasanya tidak memiliki manifestasi, tak perlu khawatir, bila mendapatkan penanganan yang tepat. Anak-anak yang mengalami telat bicara umumnya memiliki intelejensia yang normal, kemampuan mendengar dan perkembangan sosial emosionalnya pun juga normal. Anak-anak dengan kondisi DLD atau telat bicara ini tidak digolongkan ke dalam kategori Autis.

Keterlambatan bicara pada anak diperkirakan terjadi sekitar 5 – 10 % pada anak usia 3 tahunan. Dan biasanya anak laki-laki cenderung lebih sering mengalami kasus ini dibandingkan dengan anak perempuan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan telat bicara adalah keterlambatan perkembangan fungsi tubuh misalnya pada bayi yang terlahir prematur atau berat badan lahir rendah (BBLRH), retardasi mental, kurangnya rangsangan (stimulasi) dari lingkungan misalnya anak kurang sering diajak berbicara dan berinteraksi dengan orang dewasa. Faktor genetik atau historis keluarga seringkali juga memegang peranan cukup besar sebagai penyebab telat bicara. Pada kasus tertentu dimana si anak mengalami keterlambatan bahasa dan bicara bisa jadi disebabkan karena hilangnya (gangguan) fungsi pendengaran.

Berapa banyak kata yang seharusnya sudah bisa diucapkan anak usia 3 tahun?

Pada usia tiga tahun normalnya anak akan mampu mengucapkan kata-kata dengan cukup jelas. Anak usia ini juga seharusnya memiliki kosakata yang cukup banyak yaitu sekitar 600 kata dan sekitar 80% dari seluruh kosakata yang dimiliki anak dapat dimengerti oleh orang dewasa yang jarang (tidak) berinteraksi dengan si anak. Hal ini berarti 8 dari 10 kata yang diucapkan anak dapat dimengerti oleh orang dewasa yang belum pernah mendengarkan dan mengenal anak tersebut.

Biasanya orang tua cukup banyak berinteraksi dengan anak sehingga dapat lebih memahami apa yang diucapkan anak meskipun si anak memiliki keterlambatan bicara. Oleh karenanya, perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan orang dewasa di sini adalah selain orang tua, pengasuh atau keluarga yang sehari-hari sudah terbiasa berinteraksi dengan anak.

Apa saja gejala-gejala yang menunjukkan adanya keterlambatan bicara pada anak usia 3 tahun?

  1. Anak banyak mengoceh namun hampir sebagian besar kata-kata yang diucapkannya tidak bisa dimengerti.
  2. Ketika orang tua menyuruh anak untuk mengulangi kata yang orang tua ucapkan, anak berusaha mengikutinya namun terdengar tidak sama dengan kata yang orang tua ucap/
  3. Anak terlihat berusaha sangat keras untuk bisa berbicara dengan jelas.
  4. Perkembangan bahasa anak usia 3 tahun perlu dievaluasi dan dicurigai mengalami telat bicara bila anak hanya memiliki kosakata kurang dari 200 kata dan hanya sekitar 50% kata-kata yang diucapkannya yang bisa dimengerti.
  5. Orang asing yang belum pernah berinteraksi dengan anak tidak bisa mengerti sebagian besar kata yang diucapkan anak.
  6. Anak tidak bicara dengan menggunakan kalimat-kalimat pendek (kalimat yang terdiri dari minimal 3 kata). Anak usia tiga tahun seharusnya dapat mengkomunikasikan apa yang diinginkannya pada orang lain lewat kalimat-kalimat pendek yang diucapkannya.
  7. Anak belum bisa mengerti arti perintah sederhana, seperti β€œtaruh mainan ini di atas meja”.
  8. Tampak tidak tertarik bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Bila orang tua memiliki kecurigaan anak usia tiga tahunnya mengalami telat bicara, hendaknya orang tua tidak mengabaikan perasaan tersebut. Segeralah periksa dan konsultasikan perkembangan anak pada tenaga ahli yang bisa menanganinya, bisa berkonsultasi pada dokter, psikolog, atau terapis agar anak bisa mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Anak yang diduga mengalami keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara akan diperiksa fisik, saraf dan psikologisnya untuk menentukan tingkat intelejensia si anak. Kemampuan mendengar anak juga akan diperiksa. Bila pemeriksaan awal pada anak sudah dilakukan dan diperoleh hasil bahwa anak positif mengalami telat bicara, maka si anak perlu mendapatkan terapi wicara. Penanganan yang baik dan tepat akan memberikan hasil yang positif pada perkembangan bicara anak.

Sebaiknya orang tua selalu memberikan stimulasi yang kontinu kepada anak mulai dari usia bayi untuk mencegah kemungkinan timbulnya gangguan telat bicara dan bahasa. Sebagai orang tua disarankan untuk aktif dan kreatif dalam berinteraksi dengan anak, misalnya lewat menyanyi, sering berbicara dengan anak (meskipun saat bayi anak masih belum terlalu mengerti dengan apa yang orangtua ucapkan), membacakan cerita (mendongeng), dan lewat berbagai kegiatan lainnya di kehidupan sehari-hari.

44 thoughts on “Waspadai Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun Keatas

  1. Jadi kapan waktu yg tepat anak yg mengalami keterlambatan bicara untuk dibawa ke dokter, apakah setelah mencapai usia 3th atau saat ortu merasa anak mengalami keterlambatan bicara, misalnya usia 2th?

    1. ketika di usia 1 tahun sm sekali belum ada yg terucap misalnya mamama atau papapa lebih baik diperiksakan bunda, karena semakin cepat penangananannya, semakin baik hasilnya πŸ™‚

    1. bunda sebaiknya diperiksakan kondisi anak bunda ke dokter tumbuh kembang bunda, karena semakin cepat penanganannya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun bila ingin dijadwalkan dengan dokter kami. Terimakasih πŸ™‚

  2. Mhon bantuan.ank sya dh 2 thun 2 bln.sblm umur 2 thun udh bsa pggil mama n ayh.trs brbh lg mama n papa.pggl nek jga bsa.tpi skrg smnjak umur 2 thn lbh ni kok hlg yg srg diucap mama sll.tapi apa yg org bicara dia mngerti n paham apa yg dsuruh tau.

    1. bunda sebaiknya diperiksakan kondisi anak bunda ke dokter tumbuh kembang bunda, karena semakin cepat penanganannya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun bila ingin dijadwalkan dengan dokter kami. Terimakasih πŸ™‚

  3. Mhon bantuan.ank sya dh 2 thun 2 bln.sblm umur 2 thun udh bsa pggil mama n ayh.trs brbh lg mama n papa.pggl nek jga bsa.tpi skrg smnjak umur 2 thn lbh ni kok hlg yg srg diucap mama sll.tapi apa yg org bicara dia mngerti n paham apa yg dsuruh tau.

    1. bunda sebaiknya diperiksakan kondisi anak bunda ke dokter tumbuh kembang bunda, karena semakin cepat penanganannya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun bila ingin dijadwalkan dengan dokter kami. Terimakasih πŸ™‚

  4. Skrg udh 2 tahun.. Ngomong ny udh ky org gede.. Alahamdulilah.. Maksih ya Allah egkau berikan harta terindah untuk q..

  5. Assalamualaikum dokter
    Permisi mau nanya
    Sy punya murid 4 tahun perempuan
    Dia lambat berbicara dalam bahasa yg di ungkapkan tdk jls.. Dan jarang berbicara, anaknya sosialisasi dg temen juga kurang dok dia tdk mau jauh dr ibu nya pasti di dkt ibu nya mulu dan kalau melihat ada yg marah” anak tsb takut langsung nunduk sbnrnnya dia gak dimarahin langsung ngumpet dok.. Bagimana solusi nya ya dok utk ortua tsb?? Dan solusi saya sbg guru nya anak tersebut?? Terima kasih dok

    1. bunda, dr cerita bunda nampaknya anak murid bunda ada gangguan adaptasi ya.. lebih baik dikonsultasikan saja ke dokter tumbuh kembang kami bunda, agar bisa diperiksa secara menyeluruh dan dijelaskan secara terperinci penanganannya. Kalau ingi dibuatkan jadwal konsultasi bisa hubungi kami di 0813 1607 9477 ya bunda. Terimakasih πŸ™‚

  6. anak sya telat bicara tapi, bisa menghapal transportasi angka abjad buah dan warna pakai bahasa Inggris

  7. Bunda, putri saya usia 15bln baru bisa bicara ayah dan mama apa itu ciri awal keterlambatan bicara

    1. apa ada kata lain yang sudah bisa diucapkan selain ayah dan mama? seperti mobil jd mbil atau meong jd eong seperti itu bun? kalau memang belum ada kata yg terucap selain ayah dan mama bisa jadi tanda awal keterlambatan bicara bun. Lebih baik dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang kami saja bun, karena semakin cepat penanganannya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dijadwalkan bertemu dengan dokter kami. Terimakasih

  8. Anak sy dah 5 thn lebih, klo bicara selalu niru kata2 yg org lain ucap,tdk bs diajak ngobrol /komunikasi.. gmn solusinya ya dok

    1. masih tahap meng-copy tanpa mengetahui maknanya ya bun berarti.. seharusnya usia 5 tahun sudah tidak seperti itu lagi bun, seharusnya sudah bisa diajak berkomunikasi bun karena sebentar lagi persiapan masuk SD. Lebih baik dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang kami saja bun, karena semakin cepat penanganannya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dijadwalkan bertemu dengan dokter kami. Terimakasih.

  9. Anak sy cwo usia 3,5 th, kalo d suruh ngapain dy ud ngerti, tp ngomongnya ada kata 2 yg blm jelas diucapkan.
    Sy ajak ke paud, nyanyi dy sdh bs, tp beberapa kata dr lagu nya msh ada yg blm jelas di ucapkan.
    Kira2 msh normal ndak ya???? Mohon dibantu

    1. Sepertinya perlu tambahan terapi wicara juga bun agar perkembangannya bisa sesuai usianya. Sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter tumbuh kembang kami saja bun, agar lebih jelas memang perlu terapi atau stimulasi di rumah saja. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin di jadwalkan bertemu dgn dokter kami. Terimakasih πŸ™‚

  10. Anak sy sudah 3thn 9 bln kosakata nya hanya beberapa saja…dan klo di perintah ngerti..hanya saja blum bisa bicara..solusi nya gimana ya

    1. seharusnya usia 3 tahun sudah bs merangkai kalimat dgn 3-5 suku kosa kata bunda.. Lebih baik diperiksakan terlebih dahulu ke dokter kami bun agar lebih jelas pemeriksaan nya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dijadwalkan konsultasi dengan dokter kami.. Terimakasih πŸ™‚

  11. Anak saya usia 2th 3bln, bicaranya belum jelas, yang jelas cuma kata mama, bapa, bibi, nenek,,, ada kata-kata yg kurang jelas, seperti kucing jadi eong, minum jadi enum.. Tpi klo di suruh ngikutin kata-kata dia ga mau ngikutin, gimana solusinya ya?

    1. lebih baik dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang kami saja bun.. agar anaknya bisa diperiksa secara lgsg dan dilakukan tes2 khusus.. silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dibuatkan janji dengan dokter πŸ™‚

  12. Anak saya genap 3 tahun, tapi baru bisa bicara mama, manggil ayah blom bisa, manggil ayah juga mama, di tanya suara kucing dia jawab aung, aung, saya selalu ajak ngobrol, menyanyi dari bayi. Kalau di suruh sih anak ku mengerti, klo di ajak ngobrol, mau berusaha ngikutin tapi kayaknya dia kok susah ngikutinnya, padahal mimik mulut udah buka , kenapa ya

    1. lebih baik dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang kami saja bun.. agar anaknya bisa diperiksa secara lgsg dan dilakukan tes2 khusus.. silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dibuatkan janji dengan dokter πŸ™‚

    1. dokter tumbuh kembang anak saja sdh cukup bunda. Namun kalau mau lebih mendalam dgn dokter rehab medik juga. silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 jika ingin dijadwalkan ya bun πŸ™‚

  13. anak aku laki laki usia 5 thn pun mengalami hal serupa bingung 😭 soal nyah saat bimba anak aku ga bisa ngucap huruf sampai baca di ulang beruntung ibu guru di bimba memaklumi nyah contoh nyah seperti huruf G dy ucap D , R jadi L , K jadi Ta dll ..
    anak ku jg sering brbicara ga jelas contoh nyah gendong jadi dedong , pegang jd pedang 😭 yg lbh parah nyah lg anak ku sampai saat ini belum bisa bernyanyi sampe 1 lagu anak anak full 😭 tp anak aku normal seperti biasa , bermain dy jg terbilang anak yg paling ga bs diem kecuali lg tidur lebih dari itu pasti ada aja yg di lakuin ..
    sedih aku merasa gagal dalam mendidik anak aku 😭 susah nyah berbicara membuat dy kesulitan membaca 😒 entah apa aku yg terlalu keras mendidik nyah apa karna aku yg terlalu jarang berbicara dgn nyah 😒 saat ini aku sadar pekerjaan itu bukan segala nyah tp anak itu harta yg paling berharga , krn pekerjaan anak aku pun jd kurang perhatian & jd tumbuh sebagai anak yg bgtu nakal 😭 emang sih walau nakal nyah hny sebatas susah di atur tp lama lama jg ngeselin πŸ˜‚

    1. bunda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang kami bun, agar lebih jelas penyebab dan bagaimana penanganannya. Karena semakin cepat intervensinya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 ya bun jika ingin dijadwalkan konsultasi πŸ™‚

  14. Saya pnya ank umur 3thun lbh,ma2 ayah n nma2 hwn n apa yg dia tonton d tv sllu d ikutin dia,ttpi dok klo saya atau org ajak omng ank saya dia ga dgrin mlah omng yg lain.Pa itu trmsuk lmbat omng yaA dok.?

    1. kalau mau dikonsultasikan ke dokter kami bun, agar lebih jelas penangannya karena seharusnya usia 3 tahun sudah bs merangkai kalimat dgn 3-5 suku kosa kata. Silahkan hubungi/wa kami di 081316079477 jika ingin dijadwalkan ya bun πŸ™‚

  15. Saya pnya ank umur 3thun lbh,ma2 ayah n nma2 hwn n apa yg dia tonton d tv sllu d ikutin dia,ttpi dok klo saya atau org ajak omng ank saya dia ga dgrin mlah omng yg lain.Pa itu trmsuk lmbat bcra ya dok.?

    1. kalau mau dikonsultasikan ke dokter kami bun, agar lebih jelas penangannya karena seharusnya usia 3 tahun sudah bs merangkai kalimat dgn 3-5 suku kosa kata. Silahkan hubungi/wa kami di 081316079477 jika ingin dijadwalkan ya bun πŸ™‚

  16. Ankku umurnya 4thn lebih sbln bicara nya msh kurang d mengerti kdang d mengerti..agak cadel gmn tu mohon pnjlsnnya mksh

  17. Anak saya brusia 7thn tp bicaranya msh blm jelas agak cadel sprti anak yg bru blajar bicara bgmn solusinya ya dok??

    1. lebih baik dikonsultasikan ke psikolog anak/dokter anak kami bun, agar lebih jelas penanganannya. Karena semakin cepat intervensinya, semakin baik hasilnya. Silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 untuk info lebih lanjut

  18. Dok,anak aq 4 tau kurang 1 bln cuma lom bsa nhomong s d depan dan tengah,c ,dan r normal g dok mksh

    1. iya bunda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tumbuh kembang. agar lebih jelas solusinya. silahkan hubungi/wa kami di 0813 1607 9477 utk info lebih lanjut πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *